separate
Lestarikan Budaya dan Bahasa Daerah Cirebon Dengan mengeksplorasi Kekayaan Ragam Budaya Cirebon
banner ad
logo
yudi sayidi, S.PdI,_smpn1awn.blogspot.com

BABAD

BABAD

Definisi 'babad'

Indonesian to Indonesian
noun
1. 1 Sas kisahan berbahasa Jawa, Sunda, Bali, Sasak, dan Madura yg berisi peristiwa sejarah; cerita sejarah; 2 riwayat; sejarah; tambo; hikayat: -- Tanah Jawa
source: kbbi3


Visual ArtiKata

Explore babad in SinonimKata.
BABAD
Babad adalah cerita rekaan yang berdasarkan peristiwa sejarah. Istilah ini juga dipakai dalam makna yang sama dalam kesusastraan berbahasa Sunda, Bali, Lombok, dan Madura. Babad merupakan salah satu genre di antara sekian banyak karya sastra Jawa yang mengisahkan cerita sejarah. Kata babad memiliki arti menebas dan merambah hutan, semak, dan belukar. Itulah sebabnya kemudian babad berkaitan dengan pembukaan tanah atau pembabadan hutan untuk dijadikan lahan pertanian dan pemukiman. Apabila daerah itu kemudian berkembang menjadi pusat pemukiman yang lebih luas dengan segala sarana dan prasarana, akan terbentuk suatu garis silsilah dari penguasa lahan itu turn-temurun.

Beberapa pakar sastra dan sejarah telah memberikan definisi babad. Menurut Hinzler, misalnya, babad berarti garis hubung atau jaringan yang mengikat suatu kerabat dan keturunannya dengan latar belakang sejarah. Taufik Abdullah menyebut babad sebagai sejarah local, yang mengandung pengertian kisah kelampauan dari suatu masyarakat di wilayah geografi bertaraf local. Sasarannya adalah asal-usul, pertumbuhan, dan perkembangan kelompok masyarakat setempat.

Judul babad ada yang berdasarkan nama tokoh cerita, nama tempat atau daerah, dan nama peristiwa. Babad Ajisaka, Babad Surapati, Babad Trunajaya, Babad Sindula, Babad Gajah Mada, Babbadipun Sultan Sepuh, dan Babadipun Kanjeng Ratu Kencana adalah judul babad yang berdasarkan nama tokoh cerita. Kitab babad yang dikaitkan dengan nama tempat itu atau daerah adalah, antara lain, Babad Cirebon, Babad Banyumas, Babad Demak, Babad Langenharja, dan Babad Madura. Babad jenis ini menuturkan pertumbuhan dan perkembangan daerah yang bersangkutan. Peristiwa sejarah yang penting bisa juga dipakai sebagi judul babad, antara lain, Babad Bedhah Ngayogyakarta, Babad Palihan Nagari, Babad Perang Inggris, dan Babad Perang Eropa. Di sampaing itu ada judul babad yang tidak berkaitan dengan tiga pengelompokan di atas, misalnya Babad Manton, Babad Pasamuan Keristen, dan Babad Pagedhongan.

Penulisan babad dilakukan di lingkungan keratin, dengan materi yang bersumber dari catatan-catatan kejadian disekitarnya, terutama di kalangan keratin yang berpusat pada raja selaku penguasa daerah itu. Pada skala yang leibh kecil, babad ditulis di lingkungan kabupaten atau kalangan bangsawan, mengisahkan kejadian-kejadian di lingkungan daerah itu atau penguasa dan keturunannya.

Pada umumnya babad mengisahkan pembukaan lahan oleh seorang tokoh yang kemudian menjadi penguasa setempat, lengkap dengan kehidupan si tokoh dan kerabat serta leluhurnya. Dalam menyusun karangannya, penulis babad menggunakan catatan peristiwa dan karya sastra yang ada, ditambah dengan pengetahuan dan pengalaman semasa hidupnya. Peristiwa yang pernah dialami dan dihayati sendiri oleh pengarang bisa menjadi bagian penting dalam babad.

Untuk bagian yang tidak diketahui atau dialami sendiri, pengarang mendapatkan informasi dari pembantunya, yang disebut carik kapun janggan, agar karyanya menjadi lengkap dan utuh. Dalam babad terdapat unsure yang bernilai kesejarahan dan rekaan. Dengan demikian genre sastra ini merupakan catatan sejarah yang disusun berdasarkan imajinasi si penulis sehingga menjadi bacaan yang tidak membosankan. Genealogi, mitologi, legenda, cerita orang suci, kemukjizatan, ramalan, mimpi, pamali, dan wangsit bisa menjadi bagian penting dan menarik dalam genre ini.

Dalam beberapa babad, penulis babad tidak jarang menciptakan garis silsilah raja sehingga ia dibenarkan sebagai penguasa kerajaan. Genealogi itu ditarik ke atas sampai ke tokoh-tokoh pewayangan dan pada garis silsilah yang lain ditarik sampai ke nabi-nabi. Perlu juga dicatat bahwa jarak waktu antara masa penulisan dengan terjadinya peristiwa sangat berpengaruh terhadap kebenaran sejarah pada babad. Penulisan babad pada umumnya mengikuti pola yang telah lazim dan, dalam karya yang ditulis dalam bahasa Jawa, tentu saja berpusat di Jawa. Pola penulisan yang dikatakan mentrandsi itu tidak selamanya diikuti oleh para penulis babad, terutama dari luar istana dan dari kalangan rakyat.



Arti Nama Babad - Kamus Nama Bayi, Orang, Perusahaan, Produk, dll

Nama Babad artinya adalah tempat yang bersih yang diberikan untuk seorang anak Laki-Laki.  Nama Babad berasal dari India (Sansekerta), dengan huruf awal B dan terdiri atas 5 huruf.  Kata Babad memiliki pengertian, definisi, maksud atau makna tempat yang bersih, bisa digunakan untuk nama bayi (nama anak), nama perusahaan, nama merek produk, nama tempat, dan lain sebagainya.  Kata Babad yang bermakna tempat yang bersih serta berasal dari India (Sansekerta) ini boleh anda gunakan selama arti Babad tidak berkonotasi negatif di lingkungan anda.

Informasi Lebih Rinci (Detil) :

Kata / Nama : Babad
Arti Nama : tempat yang bersih
Asal Nama : India (Sansekerta)
Jenis Kelamin Nama : Laki-Laki
Huruf Awal Nama : B
Jumlah Huruf Nama : 5 Huruf
Bentuk/Arti Nama Lain : -
Contoh Nama Populer : -
Contoh Kombinasi Nama : -
Keterangan : -

Kesimpulan dari Nama Babad :

Kesimpulan 1 :  Pengertian atau arti nama Babad adalah tempat yang bersih
Kesimpulan 2 :  Salah satu bentuk nama yang memiliki arti tempat yang bersih yaitu adalah nama Babad
Kesimpulan 3 :  Nama Babad yang berarti tempat yang bersih adalah nama untuk manusia berjenis kelamin Laki-Laki
Kesimpulan 4 :  Nama Babad asal-muasalnya dari India (Sansekerta) yang mempunyai makna tempat yang bersih

Kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan atau kekurangan, dan semoga informasi nama Babad yang sederhana ini membawa manfaat bagi kita semua.

 
 Babad adalah nama untuk anak Laki-Laki di mana nama tersebut berasal dari Sansekerta dengan pengertian, definisi atau arti nama tempat yang bersih.
INFORMASI LEBIH RINCI (DETAIL) :
Nama : Babad
Asal-Muasal : Sansekerta
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Arti Nama/Bahasa : tempat yang bersih
Huruf Awal : B
Jumlah Huruf : 5
Nama Populer : Belum Tersedia
Contoh Kombinasi Nama : Belum Tersedia
 
 
.

0 komentar:

Posting Komentar

logo
Copyright © 2012 Basa Cerbon ~ اللغة سيريبون ~ يودى الشريف.
Blogger Template by Clairvo